Jl. Benda Atas No. 25 Jeruk Purut Jakarta Selatan
+62 8119783453
darmawan@mostraindo.com

Kontraktor Pameran MOSTRAindo

Kontraktor Pameran Jakarta

 

Mostraindo

For every expo, exhibition, product display, indoor and outdoor booth, backdrops, booth furnishing, wall inlet, etc, you need a reliable contractor.

Office :

PT. MOSTRAindo Kontraktor Pameran

Epicentrum Walk South 529A
Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 1290

Workshop :
Jl. Benda Atas No. 25
Jeruk Purut, Pasar Minggu
Jakarta 12510

Phone : +62 811 978 3453

 

 

booth, indoor booth, outdoor booth, wallpaper, product display, brand signage. booth furnishing, boot design, booth layout design, booth contractor, event contractor, event supplier, exhibition booth,
event booth, booth installation, event support, jakarta

Sesuai ukuran dan waktu pembuatan, nilai proyek ini beragam. Dharmawan menyebutkan, rentang harganya mulai Rp 60 juta hingga Rp 200 juta untuk satu proyek.

Bisnis branded store ini pun masih menyimpan potensi yang besar. Ya, selama pembangunan pusat belanja masih terus berlangsung, usaha kontraktorbranded store pasti akan dicari. Apalagi, jika melihat kondisi perekonomian di Indonesia yang masih berkembang.

Asal tahu saja, selain peluangnya yang masih lebar, usaha ini juga mendatangkan untung lumayan. profit yang bisa dikantongi kontraktor gerai ini mulai 20% hingga 30%.

Apakah Anda tergiur terjun di bisnis ini?

Tukang berpengalaman

Pengetahuan tentang desain, khususnya desain interior, mutlak diperlukan untuk menggeluti usaha ini. Maklum, untuk menangani proyek-proyek besar dari pemilik branded store, tentu Anda harus menguasai bidang usaha ini. Boleh jadi, Anda juga bisa mengangkat karyawan yang memang memiliki latar belakang pendidikan desain interior, teknik arsitektur ataupun teknik sipil.

Selanjutnya, Anda harus menyiapkan ruang usaha yang cukup luas. Maklum, pembuatan berbagai perkakas dan pernak-pernik keperluan gerai ini ini membutuhkan area yang cukup luas. “Untuk material yang melekat di lokasi toko, seperti dinding dan lantai, kami kerjakan di lokasi, sedangkan untuk material yang tak melekat, seperti furnitur kami kerjakan di workshop kami,” .

Bukan hanya itu, ruang usaha yang luas diperlukan untuk menyimpan berbagai bahan baku. Seringkali, Anda juga harus menyimpan sisa bahan baku, karena masih bisa digunakan di proyek lain. Jika menggarap proyek dari brand besar, Anda harus menyimpan contoh material supaya tak menemui kesulitan untuk mencari bahan pengganti, jika mendapatkan proyek yang sama.

Selain bahan baku, tentu saja, ruang yang luas diperlukan untuk menyimpan berbagai perangkat kerja. Studio kerja itu biasanya masih terbagi lagi antara ruang untuk pembuatan perkakas interior dan ruang finishing (pengecatan). Seperti pekerjaan pembuatan furnitur yang juga membedakan antara pengolahan bahan mentah dan penyelarasan akhir.

Oh ya, untuk tahap pemula, boleh jadi, Anda bisa menyewa rumah tinggal atau gudang. Mostraindo sendiri memulai usaha ini di lahan seluas 500 m2, sebagai workshop.

Untuk menggarap order dari pemilik merek pun Anda harus menyiapkan tenaga tukang kayu yang andal. Kebutuhan tukang lumayan banyak, karena pekerjaan harus digarap dengan cepat antara satu bulan hingga dua bulan.

Ambil contoh, untuk gerai seluas 100 m2, tenaga yang dibutuhkan bisa mencapai 20 orang. Sementara itu, untuk toko seluas 300 m2-500 m2, bisa dikerjakan hingga 30 orang.

Ada baiknya pula, Anda mencari tukang yang sudah terbiasa membaca gambar kerja. “Tapi ini sangat sulit untuk mendapatkannya. Kalaupun ada tukang yang memiliki keahlian khusus, bayarannya mahal, bisa mencapai Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per hari,” cetus Dharmawan. Sementara itu, tukang dengan keahlian standar memiliki tarif Rp 80.000 hingga Rp 125.000 setiap hari.

Bahan baku untuk menggarap interior gerai bisa diperoleh dari rekanan pemasok. Namun, untuk branded store, biasanya ada standar tertentu yang agak berbeda. “Misalnya, lampu merek ini, atau cat merek itu yang kami ambil langsung dari vendornya,” kata Dharmawan.

Bahkan, untuk branded store asal luar negeri yang lebih ketat dalam pemakaian bahan, bahan bakunya sering harus didatangkan dari luar negeri.

Nah, salah satu kesulitan terbesar di bisnis ini adalah mencari klien, terutama untuk branded store asal luar negeri. Maklum, banyak dari mereka yang masih mempercayai kontraktor gerai dari negeri tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Namun, promosi yang paling utama dan jitu di bisnis ini adalah referensi dari klien terdahulu.

Menangkap fulus dari proyek branded store
sumber : Kontan

Direct Chat